CSE

Loading

Kamis, 13 Juni 2013

Nutritional Factors and Infectious Disease Contribute to Anemia among Pregnant Women with Human Immunodeficiency Virus in Tanzania1

Faktor gizi dan Penyakit Infeksi Kontribusi Anemia antara Ibu Hamil dengan Human Immunodeficiency Virus di Tanzania1 

Tujuan dari penelitian ini adalah cross-sectional untuk mengidentifikasi faktor risiko anemia pada human immunodeficiency virus (HIV)-perempuan hamil yang positif di Dar es Salaam, Tanzania. Baseline data dari 1.064 perempuan yang terdaftar dalam percobaan klinis pada pengaruh suplementasi vitamin pada infeksi HIV diperiksa untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu potensi anemia. Hemoglobin rata-rata (Hb) tingkat adalah 94 g / L, dan prevalensi anemia berat (Hb <85 g / L) adalah 28%, 83% dari wanita memiliki Hb <110 g / L. Kekurangan zat besi dan penyakit menular tampaknya menjadi penyebab utama anemia. Asosiasi independen yang signifikan dengan anemia berat diamati untuk wanita dengan indeks massa tubuh (BMI) <19 kg/m2 dibandingkan dengan wanita dengan BMI> 24 kg/m2 [odds ratio (OR) 3,13, 95% confidence interval (CI): 1.37- 7.14), parasit malaria kepadatan> 1000/mm3 (OR 2.70, CI: 1,58-4,61) dibandingkan dengan wanita tanpa parasit, tanah makan selama awal kehamilan (OR 2,47, CI: 1,66-3,69); jumlah CD4 <200/μL dibandingkan dengan jumlah CD4> 500/μL (OR 2.70, CI: 1,42-5,12), dan kadar serum retinol <70 umol / L (OR 2,45, CI: 1,44-4,17) dibandingkan dengan wanita dengan tingkat retinol> 1,05 umol / L. Faktor risiko yang paling signifikan yang terkait dengan anemia berat pada populasi ini dapat dicegah. Rekomendasi kesehatan masyarakat termasuk peningkatan efektivitas suplementasi besi dan manajemen malaria selama kehamilan, dan memberikan pesan-pesan pendidikan kesehatan yang meningkatkan kesadaran akan konsekuensi gizi berpotensi merugikan makan tanah selama kehamilan.

    
anemia
    
defisiensi besi
    
HIV
    
kehamilan
    
TanzaniaAnemia selama kehamilan merupakan faktor penting yang terkait dengan peningkatan risiko untuk hasil yang buruk kehamilan (Allen 1997) dan morbiditas dan kematian ibu di negara berkembang (Koblinsky 1995, Schwartz dan Thurnau 1995). Infeksi dengan human immunodeficiency virus (HIV) 3 selama kehamilan dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian ibu anemia terkait dalam mengembangkan pengaturan negara karena meningkatnya keparahan anemia atau efek gabungan dari anemia dan infeksi lain (McDermott et al. 1996 ). Anemia juga telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit HIV (Moore 1999) dan peningkatan risiko kelahiran prematur (Murphy et al. 1986, Scholl et al. 1992). Kelahiran prematur merupakan faktor risiko penularan vertikal (John dan Kreiss 1996, Minkoff et al. 1995).Di Dar es Salaam, Tanzania, penelitian secara konsisten melaporkan prevalensi anemia [hemoglobin (Hb) <110 g / L] dari ~ 60% di kalangan perempuan membuat pengaturan untuk perawatan antenatal (Massawe et al. 1996 dan 1999a). Anemia tercatat sebagai penyebab langsung dari> 20% kematian ibu dan penyebab penting untuk tambahan 18% kematian ibu yang melahirkan di Muhimbili Medical Center, yang terbesar pengajaran dan rujukan rumah sakit di Dar es Salaam, Tanzania (Justesen 1985).Penelitian terbaru di Afrika Timur telah melaporkan hubungan antara anemia dan infeksi HIV (Steketee et al 1993, Zucker et al, 1994.)., Namun data ini tidak dikelompokkan berdasarkan tingkat keparahan penyakit, dengan demikian, tidak jelas apakah ada asosiasi antara anemia dan infeksi HIV tidak bergejala. Kebanyakan penelitian dari negara maju menunjukkan bahwa prevalensi anemia terkait HIV, karena reaksi autoimun, reaksi obat atau gangguan eritropoiesis, meningkat sebagai penyakit HIV berlanjut (Doweiko 1993, Zon et al. 1987). Dalam populasi dengan resiko tinggi terkena penyakit menular, terutama malaria, lingkaran setan infeksi, gangguan imunitas dan anemia dapat menyebabkan hubungan yang lebih kuat antara infeksi HIV dan anemia pada tahap awal penyakit. Dengan demikian, epidemiologi anemia pada ibu terinfeksi HIV di negara berkembang kemungkinan akan sangat berbeda dari yang di negara yang lebih maju. Dalam pengaturan ini, anemia dapat dikaitkan dengan pengembangan bergegas infeksi HIV. Sebuah studi terkini tentang literatur menunjukkan ada penelitian yang dipublikasikan pada epidemiologi infeksi anemia dan HIV di kalangan ibu hamil. Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui prevalensi anemia pada ibu hamil yang terinfeksi HIV di trimester kedua mereka di Dar es Salaam, Tanzania, dan untuk mengidentifikasi faktor risiko yang terkait dengan anemia.

(Surya Ningsih Maulina)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar